DMC Dompet Dhuafa “Sigap Merapi”


Sebagai ujung tombak pengelolaan situasi kebencanaan Dompet Dhuafa, Disaster Management Centre (DMC) telah melakukan pemutakhiran kondisi Gunung Merapi.

Dari pantauan Data siesmograf hingga kini gempa di Merapi terus mengalami peningkatan. Gempa multifase dalam sehari bisa terjadi hingga 300 kali. Gempa multifase terjadi karena gempa vulkanik baik dalam maupun dangkal yang kuat terus terjadi sehingga di kubah lava mengalami kegempaan.

Dilaporkan pula, gejala alamiah sudah mulai menampakkan tanda-tanda aktifitas Merapi yang kian meningkat, di antaranya telah ditemukan hewan sejenis rusa yang mulai turun dikawasan kecamatan srumbung. “saya dapat khabar dari teman-teman yang pernah menjalankan program DD di Srumbung, rusa sudah mulai turun.”tutur Anto Koordinator DD Yogyakarta saat dihubungi via telpon pagi tadi (20/10).

DMC-DD telah mempersiapkan posko “Sigap Merapi” di Kecamatan Pakem sekitar kampus UII Kaliurang Yogyakarta. Posko tersebut berfungsi sebagai posko utama yang bersiaga manakala Merapi beraksi memuntahkan laharnya. Posko ini berdekatan dengan rencana lokasi pengungsian yang telah dipersiapkan oleh tim PB Kesbanglinmas Sleman.

Kini DMC-DD tengah mempersiapkan posko satelit berlokasi di BMT Al Ghifari Dusun Palem Argobinangun Pakem Sleman yang merupakan mitra Dompet Dhuafa Yogyakarta.

Cp. Iman Surahman
Head Division Response and Networking
0816 11 55 336

No comments:

Post a Comment